Top Ad unit 728 × 90

Latest News

Internet

Contoh Aplikasi Cluster Computing I Load Balacing, High Availability Clusters, dan High Performance Clusters

KUMAN MERAH - Apa itu Cluster Computing? Cluster Computing adalah dua atau lebih perangkat komputasi bekerja sama untuk tujuan komputasi umum. Jaringan pada komputer untuk memanfaatkan kekuatan pemrosesan paralel dari perangkat komputer. Selain kekuatan pemrosesan meningkat, share sumber daya komputasi dalam kelompok jaringan juga dapat memberikan skalabilitas, high availability, failover kemampuan perangkat komputasi biasanya punya masalah juga.


Secara mendasar terdapat tiga macam cluster  :

Load Balancing

Load balancing adalah teknik untuk mendistribusikan beban trafik pada dua atau lebih jalur koneksi secara seimbang, agar trafik dapat berjalan optimal, memaksimalkan throughput, memperkecil waktu tanggap dan menghindari overload pada salah satu jalur koneksi.

Load balancing digunakan pada saat sebuah server telah memiliki jumlah user yang telah melebihi maksimal kapasitasnya. Load balancing juga mendistribusikan beban kerja secara merata di dua atau lebih komputer, link jaringan, CPU, hard drive, atau sumber daya lainnya, untuk mendapatkan pemanfaatan sumber daya yang optimal.
Contoh aplikasi Load Balancing :
  • HAProxy
  • Idirectord (Ultra Monkey)
  • Pound

High Availability Clusters atau Failover

High Availability Clusters atau Failover adalah sebuah high availability clusters adalah node dua komputasi atau lebih yang menyediakan redundansi jika terjadi kegagalan perangkat keras atau perangkat lunak. Hal ini juga disebut sebagai sebuah cluster failover. 

Ketika sebuah sistem komputasi gagal, operasinya dipindahkan ke node tambahan untuk  menyediakan layanan komputasi terus menerus.
Contoh Aplikasi High Availability Clusters:
  •  Linux High-Avaibility,
  • Heartbeat
  • Pacemaker
  • Corosync
  • Ucarp
  • Keepalived

High Performance Computing Cluster

High Performance Computing Cluster adalah konfigurasi mesin untuk memberikan kinerja maksimum yang diperlukan. Seperti pada load-balancing, tetapi dengan menambahkan kemampuan paralelisme dan bisa disebarkan ke sejumlah mesin berbeda.

Contoh Aplikasi High Performance Computing Cluster:
  • MPI (Message Passing Interface)
Contoh Aplikasi Cluster Computing I Load Balacing, High Availability Clusters, dan High Performance Clusters Reviewed by The Desfionik on September 25, 2017 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by KUMAN MERAH © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.